Rabu, 01 Juli 2015

Persiapan Sebelum Pertandingan

Tidak sedikit dari kita yang merasa "nervous" saat pertandingan beladiri, dan ini biasa terjadi pada orang yang baru pertama kali melakukan pertandingan. Rasa gugup, takut kalah, down sebelum pertandingan dimulai pasti ada. Lalu bagaimana caranya untuk menyingkirkan itu semua dan apa saja persiapan sebelum pertandingan dimulai?

  • Latihan intensif
Kita mulai dari latihan intensif, jika anda diberitahukan akan tanding dalam 3 bulan kedepan maka anda harus latihan benar-benar intensif, setidaknya anda latihan 2 s/d 3 kali dalam seminggu.

  • Sparring
Sempatkan selalu sparring ketika anda latihan, dan kalau bisa sebisa mungkin sparring melawan senior anda atau orang yang sudah lebih dulu berlatih daripada anda. Memang kemungkinan anda akan kalah melawan senior anda, tapi ketika anda tanding nanti anda akan terasa lebih mudah karena saat latihan biasa sparring dengan lawan yang jauh diatas anda.

  • Buang sejauh-jauhnya rasa tidak percaya diri anda
Sebelum bertanding pasti ada rasa gugup & tidak percaya diri, ini manusiawi. Tapi anda bisa menyingkirkan rasa tidak percaya diri anda dengan menanamkan pada diri anda sendiri bahwa anda bukan pengecut dan tidak percaya diri bukanlah sifat seorang fighter. Selain itu juga anda bisa menarik nafas dari hidung dan keluarkan dari mulut kurang lebih sebanyak 5x, dan tips yang terakhir dengan menarik nafas lewat hidung dan keluarkan dari mulut namun dengan teriakan.

  • Latihan dirumah
Latihan bukan hanya di dojo/gym/tempat latihan saja, anda latih juga diri anda dirumah. Tidak perlu latihan berat seperti di tempat latihan, anda cukup melakukan "Home Workout" saja dirumah seperti push up, sit up, crunch, dsb. yang bertujuan untuk menguatkan fisik serta mengatur nafas anda.

  • Jangan takut dimarahi pelatih
Mungkin anda akan berpikir kalau nanti saya kalah pasti pelatih saya marah, kesal, kecewa, dsb. Sebagai pelatih pasti rasa kekecewaan ada ketika anak didiknya kalah di pertandingan, tapi anda tidak usah takut karena pelatih anda tidak mungkin melakukan kekerasan fisik terhadap anak didiknya sendiri. Mungkin anda akan terlihat dihukum dengan push up berkali-kali atau latihan berjam-jam tanpa istirahat, tapi ini bukan untuk menyiksa anda melainkan untuk menguatkan kekuatan tubuh anda.

  • Tingkatkan stamina & kekuatan
Anda bisa meningkatkan stamina contohnya dengan jogging atau lompat tali, sedangkan untuk kekuatan anda bisa berlatih pukulan/tendangan di samsak jika tidak ada anda cukup berlatih shadow boxing, ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kecepatan pukulan/tendangan.

  • Utamakan kesehatan
Utamakan kesehatan anda sebelum bertanding karena biasanya sebelum pertandingan akan selalu ada pemeriksaan kesehatan dan yang tidak lolos seleksi biasanya tidak akan diizinkan bertanding.

  • Jangan latihan 4hari sebelum tanding
Ketika anda berlatih dengan intensif maka berhenti di H-4 sampai dengan hari H, sehingga badan anda bisa releks sementara dan ketika hari pertandingan anda cukup melakukan pemansan dengan ringan. Setelah itu, ketika anda bertanding anda akan merasakan ledakan yang luar biasa pada diri anda sendiri.

  • Ibadah & Doa
Pepatah mengatakan "Orang bodoh hanya berdoa tapi tidak ada usaha, namun orang sombong hanya berusaha tanpa berdoa".

  • Minta restu orang tua
Minta doa & restu orang tua untuk kemenangan anda dan yang terpenting agar anda terjauhi dari cedera sekecil apapun cederanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text