Sabtu, 04 Juli 2015

Melatih Kekuatan & Kecepatan Pukulan

Power & speed merupakan hal yang perlu kita latih sebagai fighter, tanpa power & kecepatan pukulan kita tidak akan ada rasanya untuk lawan. Power atau kekuatan berguna saat pukulan kita sampai ke tubuh/wajah lawan maka kerusakannya akan besar atau bisa dibilang pukulan telak, dan untuk speed atau kecepatan berguna agar pukulan kita tidak mudah terlihat oleh lawan dan pukulan kita dapat sampai di tubuh/wajah lawan. Power & speed harus dilatih secara imbang dan usahakan agar tidak berat sebelah.


Cara Melatih Kekuatan Pukulan
Melatih power/kekuatan pukulan tidaklah mudah dan membutuhkan waktu, semakin giat kita berlatih semakin cepat kita mendapatkan hasil yang baik. Terkadang kita ingin menjadi fighter yang handal dan tidak sedikit pula yang ingin menjadi fighter terkuat tapi tidak ada usaha sama sekali. Untuk melatih pukulan ada beberapa cara dan ini adalah cara yang umum.

  • Bangun otot disekitar tangan

Membangun otot disekitar lengan sepertinya bagus untuk meningkatkan power pukulan, tapi sebelum memiliki lengan yang berotot anda juga harus menghilangkan lemak disekitar lengan anda. Tidak usah khawatir karena otot anda membesar sehingga kecepatan pukulan akan berkurang, kemungkinan ini memang ada tapi ini jika anda hanya berlatih mengangkat beban di gym tanpa berlatih pukulan dengan rutin. Membangun otot bukan hanya angkat beban loh, latihan simple seperti push up juga membantu. Untuk mengetahui tentang latihan otot tangan lebih lanjut kalian bisa searching di google.

  • Berlatih dengan hand grip 
Ini merupakan hal yang biasa saya lakukan untuk melatih pukulan, ya berlatih dengan hand grip. Berlatih dengan hand grip selain melatih genggaman tangan, daya tahan lengan serta meningkatkan kekuatan lengan, hand grip juga melatih otot lengan bawah yang berguna untuk meningkatkan kekuatan pukulan kita.




  • Berlatih dengan samsak

Berlatih dengan memukul samsak akan meningkatkan kekuatan pukulan kita, namun berlatih dengan memukul sekeras-kerasnya agar kita tahu seberapa jauh kekuatan pukulan kita yang sebenarnya. Latihlah sesering mungkin untuk mendapatkan hasil latihan yang maksimal, latihan samsak merupakan latihan yang kemungkinan cedera-nya kecil jika memukul dengan benar, tapi sebisa mungkin setidaknya menggunakan hand wrap saat berlatih.



  • Berlatih dengan makiwara
Berlatih dengan makiwara merupakan latihan yang umum bagi seorang karateka, menurut saya inilah latihan memukul yang sebenarnya, untuk menjadi seorang fighter dengan kekuatan pukulan yang bagus tidak semudah membalikkan telapak tangan, bersusah dahulu bersenang kemudian. Lecet, berdarah sudah wajar saat berlatih dengan makiwara, tapi fighter sejati tidak akan menyerah hanya karena ini. Saya menyarankan untuk tidak berlatih dengan makiwara 
 yang berbantalan empuk atau seperti makiwara yang banyak dijual sekarang ini, berlatih makiwara yang sebenarnya akan lebih baik hasilnya.



Cara Melatih Kecepatan Pukulan
Sama halnya berlatih kekuatan pukulan, melatih pukulan kita agar cepat tidaklah mudah dan butuh proses. Kecepatan pukulan sama pentingnya dengan kekuatan pukulan untuk itu kita harus melatihnya supaya imbang keduanya, dengan ini anda akan mendapatkan pukulan yang cepat namun dengan kerusakan yang besar. 

  • Berlatih memukul kertas
Bagi kalian penggemar Bruce Lee atau Masutatsu Oyama pasti tau tentang latihan yang satu ini. Berlatih dengan kertas akan membuat pukulan kita lebih cepat & biasanya orang yang berlatih pukulan dengan kertas maka pukulannya akan jauh lebih gesit dibanding dengan yang tidak berlatih memukul kertas.
Cara Berlatih:
Kertas digantung dihadapan kita lalu mulai pukul kertas tapi jangan sampai mengenai kertas, kurang lebih 5cm dari kertas tarik kembali pukulan kita. Kalau sudah mulai membaik mulai tambahkan jarak menjadi 7 s/d 10cm.

  • Berlatih memukul lilin
Maksud memukul lilin adalah mematikan api lilin dengan kecepatan pukulan kita, cara latihan sama seperti memukul kertas, diberi jarak 5cm agar tidak mengenai lilin secara langsung.

Jika pukulan mulai membaik bisa ditambah satu persatu lilin untuk melatih pukulan agar semakin cepat.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text